Laleng Lipa

By | March 23, 2022

Laleng Lipa. Bugis merupakan kelompok etnik atau suku dengan wilayah asal sulawesi selatan. Saya belum menemukan (bukti tertulis di naskah lontaraq) apakah pernah terjadi sigajang.

Tradisi Suku Bugis, Dua Pemuda Selesaikan Masalah dengan
Tradisi Suku Bugis, Dua Pemuda Selesaikan Masalah dengan from 5detik.com

Tradisi sigajang laleng lipa dilakukan oleh dua orang yang berduel dalam satu sarung menggunakan badik/kawali (senjata tradisional masyarakat bugis). Keduanya harus mampu menjaga keseimbangan dan mengadu kekuatan hingga ada. Namun, kalau dilihat dengan lebih teliti, ritual ini memiliki makna yang dalam terutama masalah musyawarah dan mufakat.

Sigajang Laleng Lipa Sigajang Lalang Lipa Adalah Kebiasaan Suku Bugis Makassar Yang Sangat Ekstrim Dalam Mempertahankan Sirik Na Pace.

Sigajang laleng lipa merupakan tradisi ekstrem yang dilakukan suku bugis di sulawesi selatan untuk menyelesaikan masalah. Masuklah seorang daeng ke sarung itu. Salah satunya adalah tradisi sigajang laleng lipa asal suku bugis.apa itu sigajang laleng lipa?sigajang laleng lipa adalah sebuah tradisiyang dimiliki masyar.

Tradisi Sigajang Laleng Lipa Dilakukan Oleh Dua Orang Yang Berduel Dalam Satu Sarung Menggunakan Badik/Kawali (Senjata Tradisional Masyarakat Bugis).

Misalkan ada seorang lelaki bernama b. Keduanya harus mampu menjaga keseimbangan dan mengadu kekuatan hingga ada. When sigajang laleng lipa has been said and the two parties have agreed, then there is no word backing off.

Dia Dituduh Telah Melecehkan Seorang Perempuan Bernama S Dari Desa Sebelah.

Ada yang selesai dengan berdialog atau membicarakannya. Bahwa ada sebuah ungkapan masyarakat bugis yang berbunyi, “naia tau de’gaga sirina, de lainna olokolo’e, siri’ e mitu tariaseng tau”. Saya belum menemukan (bukti tertulis di naskah lontaraq) apakah pernah terjadi sigajang.

Tradisi Sigajang Laleng Lipa Ini Banyak Terjadi Pada Masa Lalu Saat Keluarga Merasa Harga Dirinya Terinjak.

Kalau dilihat sekilas sijagang laleng lipa adalah ritual pertarungan yang cukup mematikan. Sigajang laleng lipa mencerminkan sebuah pertarungan yang elegan suku bugis makassar serta menunjukkan keberanian yang sejati dan fair untuk menyelesaikan sebuah konflik.siapa pun yang bertikai dan gagal menyelesaikannya melalui musyawarah atau perdamaian, perjanjian di dalam sarung akan dihelat. Sirik na pace adalah ideologi budaya bugis makassar dalam membentuk karakter berani, jujur dan adil.

Sigajang Laleng Lipa Itself Has A Deep Meaning For The Bugis Community.

Kedua belah pihak yang berseteru akan masuk ke dalam sarung sambil dibekali sebilah badik. Sigajang laleng lipa adalah sebuah tradisi masyarakat bugis untuk menyelesaikan sebuah masalah dan telah dilakukan pada masa kerajaan beberapa tahun yang lalu. Keluarga si s tidak terima dan menuntut si b untuk dihukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.